Polres Pasuruan Kota berupaya terus menciptakan keamanan dan ketertiban melalui berbagai program inovatif

   


Pasuruan - Polres Pasuruan Kota berupaya terus menciptakan keamanan dan ketertiban melalui berbagai program inovatif. Setelah program 10.000 CCTV yang tengah berjalan, kali ini diluncurkan program pemolisian pariwisata yang akan diterapkan di kawasan wisata Danau Ranu Grati.

Hal itu disampaikan Kapolres Pasuruan Kota AKBP Davis Busin Siswara saat acara Salam Mas (Sarapan bersama stakeholder, tokoh agama, pemuda, dan masyarakat) wilayah Kecamatan Grati, di Mapolres Pasuruan Kota, beberapa hari lalu. Acara ini juga dihadiri Forkopimcam Grati serta para kepala desa.


Dalam kesempatan ini, Davis menyampaikan bahwa program 10.000 CCTV sebagai langkah preventif dalam menjaga keamanan wilayah, terutama di area pariwisata.


Program ini dirancang untuk meningkatkan pengawasan di titik-titik strategis yang berpotensi menjadi kawasan rawan tindak kejahatan maupun gangguan keamanan. Davis menjelaskan, keamanan adalah faktor kunci dalam pengembangan sektor pariwisata, selain pelayanan dan sarana prasarana.


"Penggunaan teknologi pengawasan seperti CCTV dinilai sangat efektif dalam mempercepat respons pihak kepolisian terhadap situasi darurat. Kamera CCTV akan dipantau secara langsung di pusat kendali Polres Pasuruan Kota, sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas dapat segera merespons dan mengambil tindakan," ujarnya.


"Bahwa pemberdayaan pemolisian pariwisata ini melibatkan pelatihan khusus bagi petugas, sehingga mereka mampu memahami kebutuhan wisatawan, baik dari segi keamanan maupun pelayanan informasi," jelasnya.


"Kami akan menempatkan petugas khusus di area wisata Danau Ranu yang terlatih dalam bidang pariwisata. Mereka tidak hanya berperan sebagai pengaman, tetapi juga sebagai duta pariwisata yang siap memberikan informasi dan bantuan kepada para wisatawan," ungkap Davis.


Pemberdayaan ini juga akan melibatkan kerjasama dengan berbagai pihak. Antara lain, pemerintah daerah dan pengelola pariwisata untuk memastikan pengelolaan yang lebih profesional.


"Kehadiran pemolisian pariwisata diharapkan dapat mendukung promosi wisata Danau Ranu sebagai destinasi unggulan, serta mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan,"


Forkopimcam Grati menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh Polres Pasuruan Kota. Sekcam Grati Kusmawati menekankan pentingnya sinergi antara semua pihak dalam menciptakan iklim pariwisata yang kondusif.


"Kolaborasi antara pemerintah daerah, pihak keamanan, dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan daya tarik Danau Ranu sebagai destinasi wisata unggulan. Kami mendukung penuh program CCTV dan Pemolisian Pariwisata yang diinisiasi Polres Pasuruan Kota," kata Kusmawati.


Sementara itu, Kepala Desa Kambingan Wasis bersama Kades Sumberdawesari dan Kades Ranuklindungan turut hadir serta menyatakan komitmennya untuk membantu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan wisata.


Mereka menyadari bahwa potensi wisata Danau Ranu Grati sangat besar dan membutuhkan perhatian khusus dalam hal keamanan, fasilitas, serta pelayanan kepada para pengunjung.


"Sebagai kepala desa, kami berkomitmen untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan dan keamanan di kawasan Danau Ranu. Kami siap bekerja sama dengan Polres Pasuruan Kota dalam mendukung semua program yang telah direncanakan demi kemajuan pariwisata di wilayah kami," kata Wasis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama