Personel Kodim 1009/Tanah Laut Menjadi Narasumber Dalam Acara Interaktif Tanah Laut Menyapa Radio Tuntung Pandang


Pelaihari - Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., diwakili oleh Perwira Seksi Logistik (Pasi Log) Kodim 1009/Tla Kapten Kav Wahyo Okto Subekti menjadi Narasumber dalam acara interaktif "Tanah Laut Menyapa" yang diselenggarakan oleh Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Tuntung pandang FM, beralamaykan di Komplek Perkantoran Bupati Tanah Laut, Jl. A. Syaerani, Kel. Angsau, Kec. Pelaihari, Jum'at (04/10/2023). 


Dialog Interaktif ini secara live dipandu oleh Presenter Nely Ariany dengan pokok bahasan seputar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-79 Tahun 2024, dengan bertemakan "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju". 


Dimulai dengan menyampaikan sejarah singkat Pasi Log Kapten Kav Wahyo membeberkan terbentuknya TNI, dimana melalui perjalanan panjang dengan berbagai perubahan yang mana cikal bakalnya adalah tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang merupakan bentukan dari penjajah Jepang. 


Seiring berjalannya waktu PETA kemudian berubah menjadi Badan Keamanan Rakyat (BKR), lalu berganti menjadi Tentara Kemanan Rakyat (TKR) yang ditetapkan oleh presiden Soekarno pada tanggal 05 Oktober 1945, selanjutnya masih mengalami perubahan menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) dan berganti menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dan terakhir kembali mengalami perubahan menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga dengan saat ini," tuturnya.


Terkait tema yang diusung pada HUT TNI Ke-79 "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju", Kapten Kav Wahyo mengungkapkan bahwa tema tersebut menunjukkan hari ulang tahun sebagai momen berefleksi untuk terus memperkuat peran TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. 


"Tema ini mencerminkan tekad TNI untuk mendukung proses transisi kepemimpinan nasional melalui kekuatan militer yang modern dan didukung oleh masyarakat," ungkapnya.


Mengenai kondusifitas wilayah dalam hal ini Kabupaten Tanah Laut, Kapten Kav Wahyo mengatakan bahwa secara umum kondisi wilayah Tanah Laut sampai dengan sekarang masih relatih aman dan kondusif meskipun telah memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah.


"Tentunya itu semua dapat terwujud berkat adanya sinergitas TNI-Polri bersama-sama dengan Pemerintah daerah yang senantiasa bahu membahu bekerjasama dalam mengamankan wilayah Tanah Laut. Dengan harapan sinergitas ini dapat terus terpelihara," pungkasnya. (Pendim 1009/Tla).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama