Personel Kodim 1009/Tanah Laut Hadiri Kegiatan Pemusnahan Barang Bukti Kejari Tala


Pelaihari - Pelaihari - Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman Letkol Inf Indar Irawan,S.E., M.Han., diwakili oleh Perwira Seksi Intelijen (Pasi Intel) Kapten Inf Jimmy Arvith menghadiri pemusnahan barang bukti (Barbuk), bertempat di Halaman Kantor Kejari Tanah Laut, Jl. A. Syaerani, Kel. Angsau, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Senin (21/10/2024).


Barang bukti yang dimusnahkan berasal dari Seratus Tujuh Belas (117) perkara tindak pidana umum yang telah diputuskan dan memiliki kekuatan hukum tetap dengan rincian Tujuh Puluh Delapan  (78) perkara Narkotika, Sepuluh (10) perkara senjata tajam/penganiayaan, Satu (1) perkara minyak dan gas bumi/penambangan, Delapan (8) perkara penipuan/pencurian/penadahan/penggelapan, Tiga (3) perkara pembajak kapal/pemalsuan dokumen, Empat Belas (14) perkara pencabulan/kesusilaan/pornografi/pemerkosaan, Dua (2) perkara tipiring, Satu (1) perkara pembunuhan.


Berbagai macam cara dilakukan untuk memusnahkan Barbuk tersebut, seperti jenis Narkotika dimusnahkan dengan cara diblender untuk selanjutnya dicampur dengan Barbuk minuman beralkohol dan kemudian dituangkan ke dalam septitank. Sementara untuk Barbuk senjata tajam dilaksanakan pemotongan menjadi bagian-bagian kecil menggunakan mesin gerinda.


Saat dimintai keterangan, Pasi Intel Kapten Inf Jimmy Arvith menyoroti salah satu kasus yang paling mendominasi dalam pemusnahan Barbuk kali ini yakni mencapai Tujuh Puluh Delapan (78) kasus. Menurutnya ini menjadi sinyal bahaya dan perlu adanya penanganan yang lebih serius.


Hal ini tentunya menjadi perhatian khusus bagi kita semua, untuk itu melalui kesempatan ini kami kembali mengajak seluruh stakeholder terkait dan seluruh komponen masyarakat untuk selalu peduli dan berperan aktif dalam memerangi peredaran gelap dan penyalahgunaan Narkoba apapun bentuknya," ungkapnya.


Pemusnahan Barbuk ini turut dihadiri oleh Perwakilan Polres Tanah Laut, Pengadilan Negeri Pelaihari, BNNK Tanah Laut, Dinas Kesehatan Tanah Laut, Bakesbangpol Tanah Laut, Satpol PP dan Damkar Tanah Laut, Organisasi Mahasiswa, FKUB Tanah Laut serta tamu undangan lainnya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama