Kodim 1008/Tabalong Gelar Upacara Peringatan HUT TNI Ke-79 di Makodim


Tabalong- Pada hari Sabtu, 5 Oktober 2024, telah dilaksanakan upacara peringatan HUT Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Makodim 1008/Tbg, Jalan Jaksa Agung Suprapto No.81, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong. Upacara ini mengusung tema "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia".


Upacara dipimpin oleh Kapten Inf Fendri sebagai Inspektur Upacara, dengan Lettu Inf Warnoto sebagai Komandan Upacara, dan Serka Adi Rahman sebagai Perwira Upacara sedangkan pasukan upacara dihadiri oleh  Perwira staf, Danramil, seluruh personel kodim 1008/Tabalong,PNS,dan Komponen Cadangan (KOMCAD).


Amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menekankan pentingnya tema peringatan kali ini. Tema tersebut mencerminkan semangat dan cita-cita TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif dalam menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara.


Panglima TNI mengajak semua prajurit untuk terus meningkatkan kemampuan dan soliditas, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional. Ditekankan pula perlunya TNI memiliki keahlian dalam pengoperasian Alutsista yang berteknologi tinggi agar dapat berperan di kancah regional dan internasional.


Selanjutnya, Panglima TNI juga mengajak seluruh prajurit untuk memberikan apresiasi kepada Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, atas dedikasi dan kontribusinya selama 10 tahun masa kepemimpinannya, serta menyambut Presiden terpilih, Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto. Ia menekankan pentingnya kewaspadaan dan soliditas menjelang pelantikan presiden terpilih.


Lebih lanjut panglima TNI memberikan Beberapa penekanan bagi seluruh prajurit meliputi:


- Memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

- Meningkatkan soliditas TNI dengan rakyat.

- Meningkatkan kewaspadaan dan profesionalisme.

- Membangun koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah.

- Melaksanakan tugas dengan keikhlasan dan tanggung jawab.


Kegiatan Upacara peringatan HUT TNI bukan sekadar momen seremonial, melainkan pengingat akan peran penting TNI dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara. ****

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama