Kapolsek Seltim Pimpin Pengamanan Upacara Pemelaspasan dan Pemasupatian Dalam Program " Seltim Mesari "


Polda Bali - Polres Tabanan - Humas Tabanan, Rabu 02 Oktober 2024 – Polsek Seltim melaksanakan program "Seltim Mesari" (Melayani, Sambang, dan Patroli) dalam rangka pengamanan upacara Pemelaspasan dan Pemasupatian Ida Bhatara Lingsir serta Tapakan Ida Bhatara Dalem di Pura Desa dan Pura Puseh Desa Adat Bantas. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolsek Seltim AKP I Nyoman Artadana, S.H., M.H., dan melibatkan Bhabinkamtibmas Desa Bantas, Aiptu I Wayan Kariada, serta personil Polsek Seltim lainnya.


Program "Seltim Mesari" bertujuan untuk menciptakan Harkamtibmas (Harmonisasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di wilayah hukum Polsek Seltim. Dalam pelaksanaan kegiatan, personil memberikan pengamanan dan pengaturan lalu lintas selama proses Melasti yang membawa sekitar 1.000 warga masyarakat adat menuju Pantai Pasut Kerambitan.


Kapolsek Seltim bersama Bhabinkamtibmas dan personil juga bersinergi dengan Bendesa Adat dan Prajuru Adat untuk mengatur arus lalu lintas, terutama saat persiapan dan kedatangan Melasti, di mana jalan utama jurusan Gilimanuk-Denpasar menjadi sibuk. Kendaraan yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain 8 unit truck, 2 unit mobil bak terbuka, 15 unit mobil pribadi, dan 50 unit sepeda motor.


Selain pengamanan, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas juga melaksanakan sambang dan dialogis, memberikan himbauan kepada warga agar menghormati pengguna jalan lain dan memarkir kendaraan dengan aman. Himbauan tersebut bertujuan untuk mencegah gangguan kriminalitas, termasuk pencurian kendaraan bermotor.


Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Bendesa Adat Bantas, I Ketut Loka Antara, S.Pt., M.Si, dan seluruh warga masyarakat, yang mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan yang aman dan lancar. Kegiatan berakhir pada pukul 17.25 WITA dengan situasi yang aman dan kondusif.


( Humas Polsek Seltim )

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama