Hujan Guyur HST, Babinsa Batu Benawa Imbau Warga Waspada


Barabai-Kondisi cuaca mendung hingga diguyur hujan gerimis umumnya terjadi di seluruh Wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Senin  (21/10/2024).


Pantaun Piket Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah sejak pagi pukul 05.00 wita kondisi Kota Barabai diguyur hujan dengan intensitas ringan begitu juga di Wilayah Pegunungan Meratus. 


Sampai saat ini, kondisi cuaca di pusat Kota Barabai masih hujan dengan intensitas sedang, begitu jiga dengan Wilayah Pegunungan masih mendung akibat guyuran hujan gerimis sejak malam tadi. 


Alhasil, beberapa anak Sungai di HST mengalami peningkatan debit air meski tak begitu signifikan.


Babinsa Koramil  1002-07/Batu Benawa Sertu Harmadi saat dikonfirmasi mengakui bahwa kondisi debit air di Pagat Batu Benawa masih normal belum mengalami peningatan dan kondisi air masih  jernih.


"Kondisi debit air masih normal, air jerih belum ada pningkatan, tidak mengkhawatirkan. Hanya arus sungainya mulai agak deras," ujarnya. 


Sertu Harmadi mengatakan kondisi ini terjadi sejak pukul 05.00 wita hingga pukul 10.30 wita. 


"Biasanya ada jeda waktu kurang lebih empat jam pasca hujan baru ada perubahan kondisi debit air. Jadi, kita akan terus memonitor agar perkembangan air sungai bisa diinformasikan kepada masyarakat khususnya yang tinggal di Sepanjang Bantaran Sungai," ungkapnya. 


Harmadi pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan segera melapor bila ada kejadian-kejadian yang tak terduga. 


Sementara Danramil 1002-07/Batu Benawa Kapten Inf Lilis Susanto menyampaikan bagi masyarakat yang ingin berwisata ke Hulu Sungai Tengah, agar terlebih dahulu mencari informasi cuaca kepada warga setempat khususnya wisata-wisata air di HST," pesannya.


(pen1002hst)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama