Dandim 1008/Tabalong Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila Kab. Tabalong Tahun 2024


Tabalong, 01 Oktober 2024 – Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Kabupaten Tabalong tahun 2024 dilaksanakan pada hari Selasa, 01 Oktober 2024, di lapangan Komplek Pendopo Bersinar, Jl. Stadion, Kel. Pembataan, Kec. Murung Pudak. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan pejabat daerah.


Upacara dipimpin oleh Inspektur Upacara, Bupati Tabalong Ibu Hamida Munawarah., S.T, M.T, dengan Komandan Upacara Lettu Inf Warnoto dan Perwira Upacara Kapten Inf Fendri. Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Tabalong Bpk. Riza Fahlipi, Dandim 1008/Tbg Letkol Inf Budi Sanjaya Galih, S.AP., M.IP, Kapolres Tabalong diwakili Wakapolres Kompol Hendra Sumala Sartio, serta Kepala PN Tanjung diwakili oleh Hakim Diaudin, S.H., dan Pakor Batalyon C Pelopor Kompol I Wayan Eka Wijaya, S.Sos, M.Ap, beserta para Kepala OPD di lingkungan Pemkab. Tabalong.


Peserta upacara terdiri dari 2 peleton Kodim 1008/Tbg, 1 peleton Brimob Kompi II Batalyon B Pelopor, 1 peleton Polres Tabalong, 3 peleton ASN Pemkab Tabalong, dan 1 peleton Pelajar SMA.


Rangkaian upacara dimulai pukul 08.00 Wita dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dan pembacaan ikrar Kesaktian Pancasila oleh Ketua DPRD Tabalong, Riza Fahlipi.


“Apel ini adalah sebuah penghargaan atas jasa-jasa pahlawan revolusi. Kita mengenang peristiwa lubang buaya yang melibatkan pahlawan revolusi melawan G30S PKI,” ungkap Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah. Beliau juga berharap generasi muda dapat meneruskan cita-cita para pahlawan demi keberlangsungan bangsa.


Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kesetiaan sebagai warga negara dan Pegawai Negeri Sipil, serta meningkatkan rasa cinta terhadap Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Diharapkan, melalui upacara ini, generasi penerus dapat terus menjaga nilai-nilai luhur Pancasila serta mempertahankan persatuan dan integritas bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan. ***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama