Personel Kodim 1009/Tanah Laut Dampingi Penyerahan Pompa Air Dari Dinas Pertanian Kepada Kelompok Tani Desa Handil Suruk


Tanah Laut - Sertu Ilman Babinsa Koramil 1009-05/Kurau Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman melaksanakan pendampingan penyerahan Pompa Air sebanyak Tiga Puluh Dua (32) Unit dari Dinas Pertanian Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Handil Suruk, Kecamatan Bumi Makmur, Kab. Tanah Laut, Rabu (18/09/2024).


Jenis Mesin Pompa Air yang diserahkan yakni merk EBARA Model 100 SQPB/4 inci Dengan mesin Penggerak Merk YANMAR Model TF- 85 NL/8,5HP dan Robin Pumps plus 3 Inci serta perlengkapannya. Rol Selang Gabang/selang naga 30 roll ukuran 4 inci X 100 meter.


Penyerahan Unit langsung diterima oleh ketua Gapoktan Bpk. Sahrani yang disaksikan ibu penyuluh pertanian lapangan(PPL) Ibu Susiati Hapipi, dan Babinsa Handil suruk Sertu Ilman.


Disampaikan oleh Babinsa Sertu Ilman, bahwa pendampingan yang dilaksanakannya merupakan tindak lanjut dari perintah Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tla Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., kepada seluruh Babinsa jajaran Kodim 1009/Tla agar dalam mensukseskan program optimasi lahan pertanian (Opla) di Kabupaten Tanah Laut wajib dilaksanakan pendampingan, dalam setiap tahapan kegiatannya.


"Adanya penyerahan bantuan mesin pompa air sebagai alat membantu pengairan air ke sawah pertanian,  bertujuan untuk mengairi sawah terlebih dalam kondisi musim kemarau seperti saat ini dengan memanfaatkan sumber air yang tersedia. Dengan demikian para petani dapat tetap bercocok tanam tanpa tergantung dengan musim penghujan seperti yang selama ini telah menjadi kebiasaan petani setempat," tutur Sertu Ilman.


"Semoga bantuan mesin pompa air ini lebih memotivasi petani untuk lebih giat dalam meningkatkan produktivitas hasil tadinya. Sejalan dengan itu tentunya kesejahteraan mereka tentunya akan meningkat," pungkasnya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama