Personel Kodim 1009/Tanah Laut Beri Pembekalan & Latihan Satuan Pelindung Masyarakat Desa Tungkaran


Tanah Laut - Sebagai mitra Babinsa dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkup Desa, satuan perlindungan masyarakat (Linmas) atau yang biasa juga disebut Hansip tentunya harus memiliki bekal mengenai tugas dan fungsinya (Tupoksi), kedisiplinan serta fisik yang mumpuni.


Untuk itu Koptu Siswanto Babinsa Koramil 1009-02/Pelaihari Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman memberikan pelatihan guna membekali mereka dengan pengetahuan dasar yang menunjang tupoksinya serta melatihkan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan pembinaan fisik kepada anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat), Desa Tungkaran, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Selasa (03/09/2024) pagi.


Koptu Siswanto sangat mengapresiasi antusiasme para Linmas dalam mengikuti pelatihan ini, meskipun sebagian besar dari mereka sudah tidak muda lagi dan merupakan anggota yang baru ditunjuk. Tentunya semangat dan antusiasme mereka dalam pelatihan menjadikan motivasi tersendiri bagi rekan-rekannya.


“Tujuan pelatihan ini diselenggarakan adalah untuk meningkatkan karakter disiplin dan meningkatkan kesiapsiagaan serta kewaspadaan bagi para anggota Linmas/Hansip di wilayah Desa Tungkaran ini," ungkap Koptu Siswanto Disela-sela kegiatannya. 


"Mereka juga harus memberikan contoh dalam penanaman disiplin, semangat Bela Negara, serta rasa kebersamaan dan persaudaraan dalam bermasyarakat. Oleh karena itu, pelatihan ini menjadi salah satu upaya dalam mencapai tujuan tersebut," tambahnya. 


Di tempat terpisah Dandim 1009/Tla Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., melalui Batituud Koramil 1009-02/Pelaihari Peltu Ferryanto Jinu menuturkan bahwa dengan adanya pelatihan tersebut dapat memberikan bekal yang cukup bagi Linmas/Hansip di Desa tersebut untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas-tugasnya.


"Kami berharap bahwa pelatihan ini akan membuat Linmas/Hansip semakin kompak, disiplin, dan solid dalam menjalankan tugas kemasyarakatan, meningkatkan hubungan emosional bersama Babinsa dalam menjaga keamanan dan ketertiban terkhusus di Desa Tungkaran," pungkas Dandim. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama