Memastikan kesiapsiagaan dan respons cepat kemungkinan Karhutla , TNI-POLRI dan Dinas Terkait Laksanakan Siaga


Tabalong, 24 september 2024 – Dalam rangka menghadapi potensi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), anggota Kodim, gabungan TNI-Polri, BPBD, UPBS, dan tenaga medis Kabupaten Tabalong menggelar kegiatan siaga darurat di Pos Komando Siaga. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan dan respons cepat terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran hutan yang dapat mengancam lingkungan dan kesehatan masyarakat.


Kegiatan siaga darurat ini meliputi pelatihan penanganan kebakaran, penyuluhan kepada masyarakat tentang pencegahan Karhutla, serta pembentukan tim reaksi cepat yang siap dikerahkan bila terjadi kebakaran. Pos Komando Siaga yang didirikan juga akan berfungsi sebagai pusat informasi dan koordinasi bagi semua pihak yang terlibat.


Dandim Tabalong, Letkol Inf. Budi Sanjaya Galih SAP. MIP., menyampaikan, "Kegiatan ini merupakan wujud sinergi antara TNI, Polri, dan instansi terkait untuk melindungi masyarakat dan lingkungan dari ancaman bencana. Kami siap untuk memberikan bantuan dan melakukan penanggulangan apabila dibutuhkan."


Kepala BPBD Kabupaten Tabalong, bapak Harris, menambahkan, "Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap masyarakat lebih sadar akan pentingnya pencegahan kebakaran hutan dan dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan."


Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana dan memperkuat kerjasama antarinstansi dalam penanggulangan Karhutla di wilayah Kabupaten Tabalong. ***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama