Komunitas Cinta Kamtibmas Berikan Penghargaan kepada Warga yang Gagalkan Upaya Pencurian Motor


Polresta Pasuruan –  Komunitas Cinta Kamtibmas memberikan penghargaan kepada seorang warga bernama Muhammad Muhtarom (21) atas aksi heroiknya menggagalkan upaya pencurian sepeda motor di Pasuruan. Jum'at (27/9/2024).


Tindakan berani tersebut terekam dalam kamera CCTV dan viral di media sosial, mendapat apresiasi dari masyarakat dan pihak kepolisian.


Peristiwa ini terjadi pada selasa siang (24/9) sekitar pukul 11.30 WIB di depan toko plastik Kec. Gondangwetan Kab. Pasuruan. Dalam rekaman CCTV yang beredar, terlihat dua orang pelaku berboncengan mengincar sepeda motor korban hingga salah satunya berusaha menaiki sepeda motor korban yang terparkir dengan kunci kontak masih menempel.


Aksi mereka digagalkan oleh Muhammad Muhtarom yang kebetulan saat itu masih menata barang di dalam toko dengan sigap keluar dari toko dan langsung mengejar pelaku.


“Saya pikir pelaku mau membeli, tiba-tiba kok menaiki sepeda motor, kontak dihidupkan dan mau melarikan diri. Tanpa pikir panjang, saya langsung keluar dan berusaha mengamankan pelaku,” ungkap Muhtarom.


Berkat keberanian Muhtarom, pelaku pencurian HA (18) warga Ds. Wotgalih Kec. Nguling Kab. Pasuruan dapat diamankan. Meskipun salah satu pelaku lainnya melarikan diri, dan baru diketahui pada saat itu pelaku juga membawa senjata tajam untuk mengamankan aksinya.


Tidak berselang lama dari hasil investigasi pelaku HA dan rekaman CCTV, Tim Khusus dari Sat Reskrim Polres Pasuruan Kota berhasil menangkap teman tersangka berinisial NO yang lari terlebih dahulu di tempat persembunyiannya Desa Jatirejo, Kec. Lekok Kab. Pasuruan.


Kapolres Pasuruan Kota AKBP Davis Busin Siswara S.I.K., M.I.Kom., yang turut hadir dalam acara pemberian penghargaan tersebut menyampaikan apresiasinya. 


“Kami sangat mengapresiasi keberanian dan kepedulian Pak Muhtarom. Aksi ini tidak hanya menyelamatkan harta benda, tetapi juga mencegah kejahatan yang lebih besar. Kami berharap hal ini bisa menjadi inspirasi bagi warga lainnya untuk tetap waspada dan berani melawan tindak kejahatan,” ujarnya.


Salah satu pemerhati Program 10.000 CCTV yaitu H. Prima yang tergabung dalam Komunitas Cinta Kamtibmas memberikan perhatian dan penghrgaan kepada masyarakat yang telah berani bertindak ketika ada kejahatan di depan mata.


"Kami mengapresiasi atas keberanian mas Muhtarom dan sangat mendukung apa yang sudah diprogramkan oleh Kapolres Pasuruan Kota terkait program 10.000 CCTV minimal untuk meminimalisir tindakan kriminal dan membantu untuk mengungkap kasus". Kata Prima.   


Kasat Reskrim Polres Pasuruan Kota AKP Choirul Mustofa S.H., M.H., juga berpesan kepada masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam menaruh kendaraan bermotor.


"Hati-hati dalam memarkir kendaraan bermotor, seperti yang diceritakan tadi dengan kontak yang masih menempel, hal yang sepele sehingga menjadi kesempatan bagi para pelaku kejahatan." pesan Choirul.


Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan melaporkan setiap kejadian mencurigakan kepada pihak berwajib agar kejadian serupa dapat dicegah di masa mendatang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama