Komsos Dengan Warga Desa Binaan Personel Kodim 1009/Tanah Laut Ingatkan Keamanan Menjelang Pilkada


Tanah Laut - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Tanah Laut telah memasuki masa - masa krusial, setelah seluruh kontestan pasangan calon (Paslon) mendaftarkan dirinya di Kantor KPU. Untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang diakibatkan oleh gesekan antar pendukung Paslon, Babinsa jajaran Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman giatkan komunikasi sosial (Komsos) di Desa Binaannya.


Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Kopda M. Irsyadi Babinsa Koramil 1009-1009-05/Kurau saat mensosialisasikan Pilkada damai di Desa binaannya yakni di Desa Handil Birayang Atas, Kec. Bumi Makmur, Kab. Tanah Laut, Rabu (04/05/2024).


Kopda M. Irsyadi mengatakan bahwa Komsos ini dilaksanakan guna memantau perkembangan situasi di wilayah binaan untuk membina dan mempererat hubungan silaturahmi dengan warga serta mengajak masyarakat untuk peduli dengan perkembangan situasi lingkungan dimana saat ini tahapan pilkada sudah berjalan.


"Apabila menemukan hal-hal yang berpotensi menimbulkan ancaman yang dapat mengganggu Kamtibmas terutama menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2024 agar segera dilaporkan kepada kami Babinsa dan aparat terkait lainnya, guna dapat diambil langkah pencegahan dan penanggulangannya," ungkapnya. 


Sementara itu, Dandim 1009/Tla Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., menyampaikan bahwa pihaknya senantiasa memberikan penekanan kepada Babinsa jajarannya agar aktif turun ke wilayah, memantau perkembangan situasi sekaligus  menyampaikan perihal pentingnya menjaga ketertiban umum jelang pagelaran Pilkada 2024 yang sebentar lagi akan berlangsung.


"Lakukan Komsos secara persuasif, humanis dan dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga masyarakat paham maksud dari apa yang kalian sampaikan," tutur Dandim


"Temu cepat lapor cepat, apabila ada perkembangan situasi ke komando atas secara hierarki. Karena tingkat kerawanan jelang hari H pelaksanaan sangat rentan terjadi konflik. Yakinkan kepada seluruh tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat agar jangan terpancing isu-isu yang belum tentu kebenarannya," tegas Dandim di salah satu kesempatannya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama