Kodim 1009/Tanah Laut Gelar Upacara Pemakaman Veteran Secara Militer Di TMP Bumi Tuntung Pandang


Tanah Laut - Berikan penghormatan terakhir, Komando Distrik Militer (Kodim) 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman menggelar upacara Persemayaman dan Pemakaman secara militer Veteran Pembela Kemerdekaan Republik Indonesia Almarhum (Alm) Kopral Satu (Koptu) Sjamsi Kasamin yang meninggal karena sakit dan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Tuntung Pandang, Desa Panggung, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Senin (16/09/2024).


Dandim 1009/Tla Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Sarjito, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara persemayaman dan pemakaman tersebut. Sementara Perwira Upacara dan Komandan Upacara masing-masing dijabat oleh Kapten Inf Cristian Indra Gunawan dan Lettu Inf Hartoyo.


Dalam amanatnya, Kasdim Mayor Inf Sarjito atas nama Pemerintah dan Tentara Nasional Indonesia menyampaikan turut berduka cita dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggal/wafatnya Almarhum. Upacara Kebesaran ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pemerintah Republik Indonesia (RI) atas jasa, dharma bakti dan pengabdian almarhum kepada bangsa dan negara semasa hidupnya. 


"Dengan kepergian Almarhum, kita telah kehilangan salah satu anak bangsa terbaik, yang selalu memegang teguh setiap prisnsip-prinsip perjuangan, setia kepada NKRI dan bekerja keras mengemban tugas negara yang menjadi tanggung jawabnya. Semua itu tentunya menjadi contoh dan suritauladan bagi kita semua dalam menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara" tutur Kasdim.


"Disisi lain sebagai manusia biasa Almarhum tidak luput dari kesalahan, kekhilafan dan keadaan. Untuk itu saya mengajak kepada seluruh hadirin sudilah kiranya melapangkan dada untuk memaafkan segala kesalahan almarhum semasa hidupnya. Akhirnya marilah kita mendoakan semoga segala kekhilafannya diampuni dan arwahnya diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa," tutup Kasdim mengakhiri amanatnya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama