Kodim 1002/HST Dan Yonif 621/Mtg Gelar Lomba PBB Piala Panglima TNI, Sambut HUT ke-79 TNI


BARABAI- Ratusan pelajar mengikuti lomba peraturan baris berbaris (PBB) merebutkan Piala Panglima TNI di Markas Kodim 1002/HST, Kamis (26/9/2024).


Dandim HST, Letkol Inf Fery Perbawa mengatakan lomba ini digelar serentak di seluruh Indonesia. Setiap Kodim di suatu wilayah. Memperingati hari jadi TNI ke-79.


"Peserta diikuti siswa SMP dan SMA sederajat. Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Batalyon 621/Manuntung dalam melaksanakan lomba ini," ujarnya 


Lomba ini diikuti 30 sekolah, rinciannya 19 SMP sederajat dan 11 SMA sederajat. Total hadiah yang direbutkan Rp16 juta beserta piala dan piagam penghargaan.


"Lomba ini menjadi penting karena melatih kekompakan dan kecintaan kepada tanah air. Serta melatih disiplin para siswa," tambahnya.


Selain itu lomba ini untuk menanamkan kesadaran bela negara dan jiwa patriotisme, sehingga ke depan dapat menjadi pemimpin bangsa yang beretika, berakhlak dan bertanggung jawab.


Senada, Kapala Dinas Pendidikan HST, Muhammad Anhar mengatakan lomba ini sejalan dengan upaya pembentukan karakter siswa. Terutama dalam kedisplinan dan ketangkasan.


Melihat antusiasme sekolah yang banyak mengikuti lomba, Anhar berencana mengagendakan lomba ini rutin setiap tahun.


"Akan kami pertimbangkan menjadi agenda tahunan. Siswa kita perlu panggung untuk berekspresi dan berkreasi. Dan ini adalah salah satu sarananya," jelasnya.


Anhar menilai dari lomba ini banyak pelajaran yang bisa diambil. Tidak hanya pada saat tampil namun sejak proses latihan.


"Tentu persiapannya lebih matang. Perlu kedisiplinan, kolaborasi dan tanggung jawab. Di proses inilah pembentukan karakter itu terjadi," pungkasnya. 


Saat berita ini ditulis, lomba PBB masih berlangsung. Sorak-sorai tim pendukung sekolah mereka masing-masing memecah suasana.



(pen1002hst).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama