Personel Kodim 1009/Tanah Laut Dampingi Pelaksanaan Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah Di SDN Martadah


Tanah Laut - Sukseskan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Babinsa Koramil 1009-03/Bati-Bati Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman Serma Rukimin, dampingi tenaga kesehatan mensosialisasikan pelaksanaan BIAS di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Martadah, Desa Martadah, Kecamatan Tambang Ulang,  Kabupaten Tanah Laut, Senin (26/08/2024).


BIAS itu sendiri bertujuan untuk melindungi anak-anak usia sekolah dari penyakit campak, difteri dan tetanus dengan memberikan imunisasi lanjut pada anak setingkat sekolah dasar untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.


Dalam pelaksanaannya Babinsa bersama tenaga kesehatan terlebih dahulu memberikan arahan terkait manfaat dari BIAS bagi anak usia sekolah dasar, serta resiko apabila tidak mendapatkan imunisasi kepada orang tua/wali sehingga mereka tidak perlu khawatir apabila anaknya mendapatkan vaksinasi.


Dandim 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., saat dimintai keterangan mengatakan bahwa kegiatan pendampingan dalam program BIAS ini merupakan bagian dari tugas kewilayahan yang harus dilakukan oleh Babinsa yang selalu siap mendukung serta mensukseskan program-program pemerintah agar berjalan dengan tertib, aman dan nyaman.


"Kehadiran Babinsa dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tentunya membawa pengaruh terhadap moril para orang tua murid dan anak-anak, sehingga mereka tidak merasa takut anaknya mendapatkan vaksin dan anak-anaknya pun berani terhadap suntikan imunisasi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mereka, tutur Dandim.


Disela-sela pelaksanaan kegiatan, Serma Rukimin juga menyampaikan kepada para orang tua murid bahwa apabila setelah mendapatkan vaksin anak-anak mereka merasa tidak enak badan, itu adalah hal yang wajar dan normal. Sebagai bentuk perlawanan sistem imun tubuh terhadap virus yang disuntikan dimana virus tersebut sudah dilemahkan sehingga mudah untuk mendapatkan kekebalan terhadap virus sejenisnya.


"Jangan takut apabila anak bapak ibu sekalian merasa tidak enak badan setelah divaksin. Itu berarti sistem imunisasi tubuhnya telah bereaksi melawan virus dan nantinya mendapatkan kekebalan terhadap virus serupa. Jadi bapak ibu sekalian tidak perlu khawatir," pungkasnya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama