Jalan Penghubung Program TMMD ke-121 Kodim 1008 Tabalong Diberi Nama Pejuang dari Tabalong


Tabalong - Pembukaan badan jalan penghubung Desa Kasiau Raya-Kasiau telah selesai dirampungkan dan diresmikan dalam acara penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa ke-121 Kodim 1008/Tabalong yang dipimpin langsung oleh Irdam VI/Mulawarman kemarin, Kamis (22/08/2024).


Jalan sepanjang 2.400 dan lebar 6 meter ini diharapkan dapat menjadi solusi dan jawaban atas keresahan masyarakat yang selama ini mengaku kesulitan beraktivitas terutama dalam mengangkut hasil kebun.


Usai diresmikan, jalan hasil sinergi satgas TMMD bersama seluruh stakeholder dan warga Desa Kasiau Raya ini diberi nama Jl. Pejuang Martinus.


Dandim 1008/Tabalong Letkol Inf Budi Galih, SAP., MIP menjelaskan penamaan jalan ini merupakan hasil koordinasi bersama.


“Jadi setelah kami koordinasikan bersama dengan Pemda dan pihak terkait lainnya didapatlah nama Jalan Pejuang Martinus. Martinus bernama asli Hasyim Bin Asnawi adalah pejuang dari Tabalong, Lahir 1 Desember di Desa Nawin, Kabupaten Tabalong” jelas Dandim.


Martinus alias Hasyim Bin Asnawi bergabung engan pasukan kota Tanjung sejak usia 10 tahun karena dorongan jiwa patriotismenya.


Pada masa pemerintahan Jepang, ia bersama para pejuang lain sepakat masuk anggota Dai Nippon Kaigun Heiho untuk menimba ilmu kemiliteran. 


Pada Januari 1949 dibantu pasukan pejuang dari Kelua dan Banua Lawas, Martinus dan Komandan-Komandan Peletonnya secara besar-besaran menyerang Jantung Kota Tanjung, serta pasar Tanjung yang dikuasai tentara dan polisi militer Belanda hingga terbebas dari cengkraman pemerintah Belanda. Akhirnya Pemimpin Komando Belanda bersana anak buahnya lari bersembunyi di kota Amuntai.


Oleh karena itu, bukan sekedar penamaan, dipilihnya nama Jalan Pejuang Martinus sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada pejuang Tabalong yang berjuang dengan gigih demi kesejahteraan masyarakat.


Hendaknya keberadaan jalan ini juga meningkatkan semangat patriotism, dedikasi, dan inspirasi untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan Desa dan Negara.

(red).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama