Sukseskan Swasembada Pangan Nasional Personel Kodim 1009/Tanah Laut Bantu Petani Panen Jagung


Tanah Laut - Sebagai salah satu lumbung jagung di Provinsi Kalimantan Selatan, Kab. Tanah Laut memiliki areal perkebunan jagung yang cukup luas. Terbatasnya tenaga penyuluh pertanian sedikit terbantu dengan kehadiran dan peran aktif  Babinsa jajaran Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman dalam memberikan pendampingan kepada para petani.


Di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, Kab. Tanah Laut salah satu contohnya, saat Serma Suyetno Babinsa Koramil 1009-02/Pelaihari mendampingi petani  saat memanen jagung disalah satu kebun warga Desa setempat, Sabtu (20/07/2024).


Menyikapi keterlibatan personel Babinsa  jajarannya, Dandim 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., mengatakan bahwa upaya yang dilakukan tersebut sebagai salah satu bentuk kedekatan para Babinsa Kodim 1009/Tanah Laut dengan petani di desa binaan tidak hanya dalam membantu meningkatkan hasil panen jagung dan komoditi pertanian lainya, akan tetapi juga memberikan solusi serta motivasi agar petani lebih giat lagi dalam bercocok tanam.


"Instruksi dari komando atas melalui kami para Dansat sudah jelas, pendampingan swasembada pangan akan selalu kita laksanakan kepada petani desa binaan dari penyiapan lahan, awal musim tanam, pemantauan pertumbuhan tanaman jagung, dan sampai dengan saat panen untuk memastikan hasil yang dicapai sesuai dan maksimal guna meningkatkan  ketahan pangan. Dampaknya pun secara otomatis kesejahteraan petani akan meningkat," pungkas Dandim.


Sementara itu di sela sela aktivitasnya Serma Suyetno menyampaikan bahwa pihaknya dan para Babinsa lainnya senantiasa aktif mendampingi petani, tidak hanya dalam proses panen saja, tetapi dimulai dari pada saat penyiapan lahan, penanaman dan pemeliharaan. Dan tentunya apa yang disampaikan kepada para petani merupakan hasil koordinasi yang intensif bersama para penyuluh pertanian di Kecamatan Pelaihari.


"Mereka para penyuluh pertanian adalah orang-orang kompeten dibidangnya. Dari merekalah kami banyak belajar bagaimana cara memberikan pendampingan kepada para petani, serta memotivasi mereka sehingga program ketahan pangan nasional dapat terwujud," tutupnya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama