Sukseskan Program Optimalisasi Lahan Pertanian Personel Kodim 1009/Tanah Laut Dampingi Bantuan Pendistribusian Pompa Air


Tanah Laut - Babinsa Koramil 1009-05/Kurau Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman Sertu Ilman dan Koptu Muhammad Irsyadi melakukan pendampingan pendistribusian bantuan mesin pompa air beserta kelengkapannya di Desa Binaannya masing-masing yakni di Desa Handil Birayang Atas, Kecamatan Kurau dan Desa Handil Suruk, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut, (25/07/2024).


Mesin pompa air beserta kelengkapannya tersebut merupakan bantuan kementerian Pertanian Republik Indonesia yang akan dipergunakan kelompok tani untuk mengairi areal persawahannya sebagai bagian dari program Optimasi Lahan (Opla) pertanian, khususnya menjelang memasuki musim tanam padi di wilayah kedua Desa tersebut.


Kedatangan peralatan pertanian langsung dilakukan pengecekan oleh Babinsa Sertu Ilman dan Koptu Muhammad Irsyadi serta Penyuluh Pertanian terkait kondisi selang serta mesinnya tak luput diperiksa dan ditest dengan tujuan agar saat penggunaan nantinya tidak mengalami kendala dan jumlahnya sesuai dengan jumlah yang terdaftar.


"Mesin pompa air beserta selang sebagai kelengkapannya ini merupakan bantuan dari Kementan untuk membantu para petani dalam mengairi sawah dengan sistem pompanisasi. Oleh sebab itu dalam pendistribusiannya perlu dilakukan pendampingan dan dilakukan pengecekan jumlah dan kondisinya, sesuai dengan petunjuk dan perintah Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tla Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han.," ujar Sertu Ilman.


Bapak Syahrani ketua gabungan kelompok tani (Gapoktan) Desa Handil Suruk mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Babinsa dan Penyuluh Pertanian yang tak kenal lelah mendampingi petani dalam mensukseskan program Opla di Desanya, baik saat pengerjaan infrastruktur, survei lahan, sampai dengan pendampingan pada pendistribusian peralatan dan alat pendukungnya sampai diterima langsung oleh Gapoktan.


"Kepada para Babinsa Kodim 1009/Tanah Laut dan pihak Kementerian Pertanian, tentunya bantuan Pompa air ini sangat bermanfaat bagi kami para petani dan memudahkan dalam mengairi sawah, yang mana secara otomatis musim tanam yang semula sekali setahun dapat meningkat menjadi 2 bahkan 3 kali tanam dalam setahun," ungkapnya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama