Meminimalisir Terjadinya Kesalahan serta Pelanggaran Anggota, Kodim 1009/Tla Melaksanakan Pemeriksaan Personel Materiil Secara Berkala


Pelaihari - Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman melalui Staf dan Unit Intel melaksanakan pemeriksaan kelengkapan dan administrasi kendaraan dinas dan pengecekkan instalasi listrik di masing-masing Koramil jajarannya. Hari ini Rabu (24/07/2025) pemeriksaan dilaksanakan di Koramil 1009-02/Pelaihari, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.


Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mengetahui kelengkapan surat-surat kendaraan sekaligus melihat langsung kelayakan kendaraan yang dipakai anggota Babinsa untuk kegiatan operasional setiap hari, guna mengantisipasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.


Sementara untuk pengecekan instalasi listrik dimaksudkan untuk memastikan pemasangannya sudah sesuai dengan standar agar bahaya kebakaran akibat hubungan pendek arus listrik dapat diminimalisir.


Adapun sasaran pengecekan kendaraan dinas ini meliputi kelengkapan administrasi seperti SIM TNI dan BNKB AD, kelengkapan peralatan kendaraan seperti helm standar SNI, kaca spion, lampu sein dan ban motor. Untuk instalasi listrik menyasar pada kabel listrik yang berantakan, pemasangan beberapa perangkat elektronik dalam satu titik.


Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E.,  M.Han., melalui Perwira Seksi Intelijen Kapten Inf Jimmy Arvith, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk pembinaan di dalam satuan, sehingga apabila ditemukan ada kekurangan sifatnya masih berupa teguran.


“Khusus untuk kendaraan roda dua menjadi perhatian khusus bagi kami dan tim dalam kegiatan ini, agar kendaraan layak dikendarai untuk menekan serta mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat mengakibatkan kerugian personel maupun materil,” tuturnya.


“Kepada anggota jajaran Koramil 1009-02/Pelaihari agar dalam pemakaian kendaraan dinas harus bisa mempertanggung jawabkan dan memelihara dengan baik, sehingga masa pakai kendaraan tersebut dapat bertahan lama," pesan Kapten Inf Jimmy Arvith.


Dalam kegiatan tersebut Pasi Intel yang didampingi oleh Provost dan Tim Unit Intel secara khusus mengecek Handphone para Babinsa satu persatu terkait maraknya judi online dilingkungan TNI. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama