Kolaborasi Bersama Masyarakat, PT PNM Dan PT Jasa Raharja Personel Kodim 1009/Tanah Laut Tanam Mangrove


Tanah Laut - Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman  berkolaborasi bersama PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Banjarmasin dan PT. Jasa Raharja Kalimantan Selatan melaksanakan penanaman mangrove di Pesisir Pantai Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, pada hari Jum'at (26/07/2024).


Kolaborasi tersebut merupakan program tanggung jawab sosial dan Lingkungan hidup dalam rangka peringatan Hari Mangrove Sedunia yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 26 Juli. 


Dandim 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., melalui Batituud Koramil 1009-05/Kurau Peltu Bakti yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa penanaman mangrove bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ekosistem mangrove sebagai ekosistem yang unik, istimewa, dan rentan serta mempromosikan solusi untuk pengelolaan, konservasi, dan pemanfaatan ekosistem mangrove secara berkelanjutan.


"Pentingnya kolaborasi antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan sangat diperlukan. Karena kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai warisan bagi generasi selanjutnya," tegasnya.


Menurutnya penanaman mangrove ini juga bertujuan untuk memulihkan ekosistem pesisir pantai yang makin terancam akibat perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang terjadi.


"Mangrove memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan pesisir pantai, menjadi ekosistem hidupnya berbagai macam makhluk hidup, dan tentunya mengurangi bahkan mencegah timbulnya bencana alam seperti abrasi, banjir Rob, bahkan angin kencang yang dapat membahayakan bagi masyarakat pesisir," terangnya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama