Dukung Ketahanan Pangan Nasional Personel Kodim 1009/Tanah Laut Melaksanakan Pendampingan Program Opla


Tanah Laut - Program Optimalisasi Lahan Pertanian (Opla) adalah salah satu upaya pemerintah dalam memaksimalkan potensi lahan pertanian dengan meningkatkan Indeks Pertanaman. Kabupaten Tanah Laut sebagai wilayah Teritorial Kodim 1009/Tla Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman merupakan salah satu Kabupaten dengan luasan Opla terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan.


Berbagai sarana prasarana telah dipersiapkan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia guna mensukseskan program tersebut. Dimulai dari penyaluran bantuan mesin pompa air beserta kelengkapannya, pembuatan/normalisasi saluran air, pembuatan jembatan, pembuatan pintu air,sampai dengan sosialisasi interaktif kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani.


Kodim 1009/Tanah Laut sendiri turut terlibat dalam program Opla, sesuai dengan nota kesepahaman yang telah  ditandatangani oleh Menteri Pertanian RI dengan Panglima TNI beberapa waktu yang lalu.


Disalah satu lokasi pelaksanaan program Opla, yakni di Desa Handil Gayam, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, tampak Babinsa Koramil 1009-05/Kurau Sertu Saifulah dengan penuh tanggung jawab mengawasi pembuatan jembatan sebagai akses bagi para petani untuk menjangkau lahan pertaniannya, Minggu (07/07/2024).


"Untuk saat ini dari Sembilan (9) jembatan yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian telah selesai dikerjakan sebanyak Tiga (3) buah sementara sisanya masih dalam proses pengerjaan," tuturnya. 


"Sementara itu, untuk pengawasan melekat yang kami laksanakan dalam setiap tahapan-tahapannya ini sesuai dengan perintah langsung Komandan Distrik Militer 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., kepada kami para Babinsa di lapangan guna mendukung suksesnya Optimalisasi Lahan Pertanian, khususnya di Desa binaan kami yakni di Desa Handil Gayam ini," pungkasnya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama