Cegah Karhutla Personel Kodim 1009/Tla Melaksanakan Patroli Serta Memberikan Sosialisasi Kepada Masyarakat


Tanah Laut - Sebagai Upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayahnya, Babinsa jajaran Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman mulai rutin melaksanakan patroli dan sosialisasi Karhutla kepada masyarakat. Hal ini dikarenakan dalam seminggu terakhir cuaca panas mulai melanda di wilayah Kabupaten Tanah Laut.


Seperti yang dilakukan Serda Salim bersama dengan Manggala Agni Daops Kalimantan VI/Tanah Laut melakukan patroli guna mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Desa Batakan, Kec. Panyipatan, Kab. Tanah Laut, Kamis (18/07/2024).


Hal tersebut sesuai perintah pimpinan dalam hal ini Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., agar seluruh jajarannya lebih jeli dalam menyikapi perkembangan situasi di wilayah binaannya masing-masing tak terkecuali potensi Karhutla.


Menurut Serda Salim, bahwa berkaca dari pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, Kecamatan Panyipatan sebagian besar wilayahnya rawan terjadi Karhutla. Maka dari itu dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan, maka pihaknya rutin berpatroli dan mensosialisasikan bahaya Karhutla kepada masyarakat.


“Dalam pelaksanaannya, kami juga menghimbau masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar, seandainya terpaksa dilakukan agar yang bersangkutan menjaganya agar api tidak menyebar kemarau," tutur Serda Salim.


"Yang tak kalah pentingnya dalam patroli yang kami lakukan adalah mencari lokasi sumber-sumber air terdekat sebagai langkah antisipasi bila suatu saat terjadi kebakaran, sehingga memudahkan para petugas di lapangan," pungkasnya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama